Salah satu system pesawat terbang yang ada pada pesawat adalah sistem avionik. Istilah avionic berasal dari kata Aviation Electronic dan disebut orang sebagai Avionik yang berarti peralatan elektronik penerbangan, dan mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sistem utamanya meliputi sistem komunikasi, navigasi dan indikator (display) serta manajemen dari keseluruhan sistem, ada juga sistem yang terintegrasi dengan sistem lain maupun yang tidak terintegrasi (stand alone) seperti gambar dibawah ini.
Gambar Instrumen navigasi dan komunikasi |
Avionik juga mencakup ratusan sistem yang
berada didalam pesawat terbang dari yang paling sederhana sampai sistem avionik yang kompleks seperti sistem taktikal dan autopilot bahkan sampai autolanding.
Pada awalnya instrumen-instrumen pada pesawat
terbang seperti radio, radar, sistem bahan bakar dan navigasi masih menggunakan
sistem mekanis. Sistem avionik berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi
elektronik. Sistem avionik dimulai dengan perkembangan teknologi analog, dan terus di
perluas dengan teknologi digital. Sejalan dengan makin berkembangnya dunia
penerbangan, avionik makin memperluas cakupannya ke bidang lain seperti
pengendalian mesin pesawat, situational awareness (peringatan dini) dan berbagai peralatan pembantu seperti peralatan pengendalian roda pendarat (landing gear),
pengendalian temperatur dan tekanan udara di kabin (cabin pressure), pengendalian pesawat (flight control) dan pengendalian
noise/kebisingan di dalam pesawat.
Pada ahir-ahir ini sistem avionik telah dikembangkan dengan menggunakan sistem komputer modular (IMA) Integrated Modular Avionics dengan databus Arinc 429. Dimana sistem avionik sudah terintegrasi satu dengan yang lain, sehingga satu sistem dapat berupa Card/LRU (Line Replaceable Unit) yang disimpan pada suatu komputer pengontrol yang disebut Central Maintenance Computer (CMC). Dengan terintegrasinya sistem-sistem di pesawat, sudah tentu akan mempermudah operator untuk melakukan test dan maintenance (pemeliharaan), dengan demikian juga akan mengurangi kerugian yang disebabkan oleh pembatalan (cancel) atau keterlambatan penerbangan (aircraft delay).
Berbicara mengenail sistem avionik, khususnya bagi pesawat pesawat terbang modern, kita dapat menjumpai banyak sistem avionik yang ada di dalam pesawat sudah terintegrasi dengan sistem lain dan disatukan dalan satu display misalnya Primary Flight Display (PFD) seperti gambar dibawah ini, sehingga dapat mempermudah pilot untuk melihat parameter parameter sistem pesawat dengan mudah.
Primary Flight Display |
tq sir for the information. really helpful for my task. Sukses!!
ReplyDelete